Topeng Kaca, You Drive Me Crazy - Adria Novitasari

Foto Koleksi Pribadi - Adria Novitasari, Semarang.

AKU & TOPENG KACA - Aku penggemar komik sejak kelas 6 SD kira-kira tahun 1994 (angkatan tua nih). Waktu itu, begitu senengnya ama komik sampe uang saku bulanan habis buat beli komik, waktu itu belum kenal rental. Ampe ortu geleng-geleng kepala.Nggak mikir bakal beli jajan soalnya kalo istirahat sekolah tinggal pulang aja, jarak rumah ke sekolah cuma 100 m hehehe. Di komik jaman dulu kan di bagian belakangnya sering ada sinopsis komik terbitan baru tuh (nggak tau deh kalo komik sekarang). Nah dari sekian banyak ada sinopsis Topeng Kaca tuh di belakang komik & sering muncul di belakang komik-komik laen juga. Jadi penasaran kok gitu seringnya muncul. Baca sinopsisnya jadi penasaran ma ceritanya. Jadi kenal tuh ma Topeng Kaca.

Masuk SMP baru kesampean bisa baca Topeng Kaca tapi belum bisa beli soalnya dimarahin ma ortu, jadinya nyewa deh di rentalgrin. Kebetulan ketemu temen yang hobi baca komik juga jadi kalo dia mau ke rental bisa nitip & nebeng membernya dia kalo ngrental komik hehehehe. Waktu itu dia nyewanya salah judul, ngambilnya langsung loncat ke Syair Lidah Api. Kirain kayak serial Mari-Chan gitu (waktu itu jamannya Mari-chan), tiap ganti judul ceritanya udah beda. Jadi aku pikir nggak papa deh.. begitu dibaca ternyata ceritanya nyambung dari awal. Tapi akhirnya tetep dibaca & tetep lanjut meski nggak tau cerita awalnya. Ternyata ceritanya bagus, langsung kesengsem ma karakternya Masumi.

Serial Topeng Kaca yang pertama aku punya adalah Sejuta Pelangi no 1 itu pun belinya ngumpet-ngumpet hahahaha... trus loncat ke Sejuta Pelangi no 10 (bolong-bolong jadinya) soalnya nggak tau info terbaru waktu itu, tahu-tahu di Gramedia udah habis. Jaman dulu kan belom ada tuh internet kayak sekarang. Biar nggak ketinggalan cerita ya tetep nyewa di rental kan udah komplit tuh di sana.wink Kalo sekarang sih tinggal ngandalin neng Mumut yg manies (ngerayu nih) buat info terbaru Topeng Kaca hehehe. Koleksiku berlanjut lagi mulai Bayang-Bayang Jingga 1 sampe Bidadari Merah 5 setelah itu udah nggak beli lagi coz konsen ke ujian kelulusan... kalo gak salah ya.

Masuk SMA udah lupa ma Bidadari Merah trus denger kabar kalo Topeng Kaca nggak dilanjutin ceritanya malah sensei Suzue Miuchi bikin komik baru Dewi Matahari....duuh kecewanya setengah mati. Kalo nggak salah sempet terbit Bidadari Merah ampe no 11 ya tapi nggak kebeli... abis nggak tahu sih. Tahunya setelah liat blognya Mumut. Sempet tuh beli Dewi Matahari 1, abis itu dengar kabar lagi komiknya nggak lanjut juga setelah no 2.

Dengan memendam kekecewaan aku mulai beralih ke komik lain & mulai baca novel juga trus lama-lama udah mulai ninggalin komik tapi kadang masih baca-baca Topeng Kaca yang ada (maksudnya seadanya yang kupunya hehehe) buat mengenang Maya & Masumi. Kadang... sering malah aku berimajinasi & bikin cerita sendiri hehhehe..... nglanjutin cerita Maya & Masumi suka-suka gw pokoknya yang happy ending :D

Beberapa tahun kemudian, masuk kuliah baru deh kenal internet, trus kenal FB & sering ngenet jadi tahu ternyata fans Topeng Kaca banyak juga...... jadi ada temennya. Trus ada temen SMA yang ngenalin ke situs manga online (mangafox.com) soalnya dia masih hobi ma komik. Aku coba-coba buka eh ternyata ada Topeng Kaca tapi teksnya English & cuma sampe TK 11.... yah nggak papa deh daripada nggak ada. Aku save deh semua komiknya hehehehe. Ilegal kayaknya ya tapi mau gimana lagi demi akang Masumi wakakakakak... Mulai deh baca komik lagi tapi cuma Topeng Kaca sih, klo komik laen udah males bacanya terutama yang baru-baru soalnya komik sekarang berseri semua. Selain itu juga karena udah gedhe (tua maksudnya), sebagian koleksi komik pun udah dijual cuma menyisakan Topeng Kaca & beberapa komik laen, berganti dengan koleksi novel.

Trus abis itu tahun 2011 ketemu deh ama Mumut di FB & banyak juga temen yang senasib. Mumut ngenalin aku ke blognya…. senengnyaaaaa bukan main. Di Topengkaca-Ku aku jadi bisa baca nomor-nomor yang dulu aku lewatin sambil bernostalgia grin& download animenya juga... sip deh pokoknya. Mumut ngajakin gabung fans TK & ada gatheringnya juga tapi sayangnya nggak pernah bisa ikut gathering soalnya di luar Semarang terus. 

Dikit-dikit aku mulai nglengkapin koleksiku beli di Mumut. Gak lama Mumut kasih kabar by status FB kalo Topeng Kaca bakal dicetak ulang...waaaaa tambah girang bukan main. Waktu edisi Deluxe 1 terbit sempet keabisan di Gramed tapi trus keinget ma si om agen komik langgananku dulu, itu pun karena temenku yang ngajakin cari komik. Lewat agen komik langgananku ini –sekarang dipegang ma anaknya– aku bisa pesen Topeng Kaca Deluxe dengan harga miring plus nggak perlu capek-capek hunting soalnya si kokoh agen komik selalu kasih kabar. Kalo si kokoh udah sms aku tinggal ambil barang, bayar trus pulang. Aku langganan ma si kokoh ampe TKD 16 selebihnya aku nggak pesen lagi soalnya cerita selanjutnya udah ada di edisi lama yang aku punya. Dua Akoya 1 sempet pesen juga. TKD 17 pernah ditawarin ma si kokoh mau pesen nggak, aku bilang iya. Setelah aku cek ma versi lama yang ku punya ternyata isinya sama ma Sejuta Pelangi 10. Dengan perasaan bersalah aku batalin tuh pesenan, padahal si kokoh udah pesen ke Gramedia.... tapi akhirnya si kokoh bilang ya udah nggak papa. Jadi nggak enak banget. Mulai Dua Akoya 2 aku udah mulai ketinggalan ceritanya jadi pesen lagi deh ma si kokoh agen komik tapi masih belum dapat juga.

Beberapa bulan belakangan ini kayaknya semangat fans TK udah mulai redup. Temen-temen udah jarang ngobrolin TK lagi, kayaknya sih. Baru-baru ini Mumut bikin kuis tentang Topeng Kaca kayaknya biar temen-temen semangat lagi (bener gak Mut?). Aku iseng-iseng ikut jawab berdasarkan ingatanku kan ngakunya TK Lover tapi ternyata masih salah hehehe. Kirain Mumut bikin kuis cuma iseng, nggak tahunya ada hadiahnya nggak tau deh hadiahnya apa tapi jadi semangat jawab kuis berikutnya. Akhirnya menang. Sekarang lagi ikutan kontes Amazing Glass Mask Lovers buat 10 pemenang kuis sebelumnya. Syarat di kuisnya harus berfoto sama semua koleksi Topeng Kaca & pake baju ungu padahal baju ungunya udah nggak muat . Tapi tetep semangat!! Waktu mau take foto aku coba dulu fotoin komik yang udah aku gelar di meja, trus bapakku lewat & komen : ‘kayak gitu kok difoto to Ta’... Entah bapak protes karena aku pake HPnya yang memorinya udah penuh atau heran liat anaknya yang masih berkubang sama komik, difoto segala lagi hahahaha ....yang penting tetep lanjut. 

Nah temen-temen yang udah baca ceritaku tolong votenya ya grin:D

Leave a Reply

    Aku & Topeng Kaca

    Sesuai dengan judulnya, blog ini dibuat untuk menampung cerita-cerita para Fans komik Topeng Kaca dan semua kegiatan seputar Topeng Kaca. Blog Aku & Topeng Kaca merupakan 'peranakan' dari website TopengKaca-ku. Terima kasih telah berkunjung dan silakan menyimak cerita seru dari sesama Fans Topeng Kaca.

Template by Top WP Themes | Modified by EMO-ROB